Definisi Sampel dan Teknik Pengambilan Sampel dalam Penelitian

Definisi Sampel

Wawasan Edukasi - Teknik Pengambilan Sampel. Suharsimi Arikunto mengatakan bahwa sampel adalah bagian dari populasi (sebagian atau wakil populasi yang diteliti). Sampel penelitian adalah sebagian populasi yang diambil sebagai sumber data dan dapat mewakili seluruh populasi. 

Sugiyono memberikan pengertian bahwa sampel adalah sebagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki oleh populasi. Bila populasi besar, dan peneliti tidak mungkin mempelajari semua yang ada pada populasi, misalnya karena keterbatasan dana, tenaga dan waktu, maka peneliti dapat menggunakan sampel yang diambil dari populasi itu. Apa yang dipelajari dari sampel itu, kesimpulannya akan diberlakukan untuk populasi. Untuk itu, sampel yang diambil dari populasi harus betul-betul representatif.


Dengan demikian, berdasarkan pendapat para ahli di atas dapat simpulkan bahwa sampel merupakan bentuk kecil yang mewakili suatu populasi yang sifatnya harus benar-benar representatif agar kesimpulan yang diperoleh dari sampel dapat diberlakukan untuk populasinya.

Tujuan Pengambilan Sampel dalam Penelitian

Melakukan penelitian idealnya harus menggunakan objek sebanyak mungkin. Misalnya bila peneliti ingin mengetahui sebuah interaksi antar warga pada suatu desa X. Idealnya, peneliti melakukan pengambilan data pada seluruh desa X tersebut untuk lebih menguatkan hipotesa yang diajukannya di awal penelitian. Akan tetapi, suatu penelitian dapat dilakukan hanya dengan perwakilan beberapa sample dikarenakan beberapa alasan. Sebagai contoh ketika kita hendak melakukan cek kesehatan, apakah kita rela memberikan keseluruhan darah kita untuk dianalisis? Tentu tidak bukan. Melakukan cek kesehatan tubuh dapat dilakukan hanya dengan beberapa tetes darah sudah dapat diketahui bagaimana kondisi kesehatan kita. 

Dari ilustrasi singkat tersebut sebenarnya kita sudah dapat menangkap apa yang menjadi alasan bolehnya menggunakan sampel untuk memperoleh kesimpulan dari suatu populasi. Pengambilan sampel boleh dilakukan bila sifatnya homogen, sehingga tidak membutuhkan penelitian keseluruhan. Misalnya darah tadi, meskipun kita ambil satu tetes pada bagian tangan, kaki, pinggang, paha seseorang, tentu hasilnya akan sama. 

Berkaitan dengan hal itu, beberapa alasan diperbolehkannya menggunakan sampel dalam melakukan penelitian diantaranya:

a.    Masalah biaya

Besar-kecilnya biaya tergantung juga dari banyak sedikitnya objek yang diselidiki. Semakin besar jumlah objek, maka semakin besar biaya yang diperlukan, lebih-lebih bila objek itu tersebar di wilayah yang cukup luas. Oleh karena itu, sampel ialah satu cara untuk mengurangi biaya. 

b.    Masalah waktu

Penelitian sampel selalu memerlukan waktu yang lebih sedikit daripada penelitian populasi. Sehubungan dengan hal itu, apabila waktu yang tersedia terbatas, dan keimpulan diinginkan dengan segera, maka penelitian sampel, dalam hal ini, lebih tepat. 

c.    Percobaan yang sifatnya merusak

Banyak penelitian yang tidak dapat dilakukan pada seluruh populasi karena dapat merusak atau merugikan. Misalnya, tidak mungkin mengeluarkan semua darah dari tubuh seseorang pasien yang akan dianalisis keadaan darahnya, juga tidak mungkin mencoba seluruh neon untuk diuji kekuatannya. Karena itu penelitian harus dilakukan hanya pada sampel. 

d.    Masalah ketelitian

Masalah ketelitian adalah salah satu segi yang diperlukan agar kesimpulan cukup dapat dipertanggungjawabkan. Ketelitian, dalam hal ini meliputi pengumpulan, pencatatan, dan analisis data. Penelitian terhadap populasi belum tentu ketelitian terselenggara. Boleh jadi peneliti akan bosan dalam melaksanakan tugasnya. Untuk menghindarkan itu semua, penelitian terhadap sampel memungkinkan ketelitian dalam suatu penelitian.

Syarat Pengambilan Sampel

Meskipun menggunakan sampel dalam penelitian diperbolehkan, tetapi kita tidak boleh asal dalam memilih sampel. Sampel dapat dikatakan sebagai sampel yang representatif terhadap populasi manakala sampel tersebut :

a.    Akurasi atau ketepatan

Tingkat ketidakadaan bias atau kekeliruan dalam sampel. Tolak ukur adanya biasa atau kekeliruan dalam sampel adalah populasi. Oleh karena itu, agar sampel dapat memprediksi dengan baik suatu populasi maka sampel harus mempunyai selengkap mungkin karakteristik populasi. 

b.    Presisi

Presisi mengacu pada persoalan sedekat mana estimasi kita dengan karakteristik populasi. Presisi diukur oleh simpangan baku Makin kecil perbedaan di antara simpangan baku yang diperoleh dari sampel dengan simpangan baku dari populasi, makin tinggi pula tingkat presisinya.

Ukuran Sampel

Ukuran sampel merupakan banyaknya sampel yang harus digunakan ketika melakukan kegiatan penelitian. Gay dan Diehl berpendapat bahwa sampel haruslah sebesar-besarnya. Hal ini mengandung maksud bahwa semakin banyak sampel yang diambil maka akan semakin representatif dan hasilnya dapat digeneralisasi. Akan tetapi, ukuran sampel bergantung dari jenis penelitian yang diterapkan. Berikut ini diberikan beberapa cara dalam menentukan ukuran sampel menurut para ahli

Berdasarkan Gay dan Diehl, ukuran sampel dalam suatu penelitian adalah sebagai berikut:
a.    Penelitian deskriptif, sampel minimumnya adalah 10% dari populasi
b.    Penelitian korelasi, sampel minimumnya adalah 30 subjek
c.    Penelitian kausal perbandingan, sampelnya sebanyak 30 subjek per group
d.    Penelitian eksperimental, sampel minimumnya adalah 15 subjek per group

Berdasarkan Frankel dan Wallen ukuran sampel minimum untuk :
a.    Penelitian deskriptif sebanyak 100
b.    Penelitian korelasional sebanyak 50
c.    Penelitian kausal-perbandingan sebanyak 30/group
d.    Penelitian eksperimental sebanyak 30 atau 15 per group

Berdasarkan Roscoe, Ukuran sampel penelitian dibedakan menjadi 4 (empat), yaitu :
  1. Ukuran sampel lebih dari 30 dan kurang dari 500 adalah tepat untuk kebanyakan penelitian
  2. Jika sampel dipecah ke dalam subsampel (pria/wanita, junior/senior, dan sebagainya), ukuran sampel minimum 30 untuk tiap kategori adalah tepat
  3. Dalam penelitian mutivariate (termasuk analisis regresi berganda), ukuran sampel sebaiknya 10x lebih besar dari jumlah variabel dalam penelitian
  4. Untuk penelitian eksperimental sederhana dengan kontrol eskperimen yang ketat, penelitian yang sukses adalah mungkin dengan ukuran sampel kecil antara 10 sampai dengan 20

Sedangkan menurut Suharsimi Arikunto, jika peneliti memiliki beberapa ratus subjek dalam populasi, maka mereka dapat menentukan kurang lebih 25-30% dari jumlah tersebut. Jika jumlah anggota subjek dalam populasi hanya meliputi antara 100-150 orang dan dalam pengumpulan datanya peneliti menggunakan angket, maka sebaiknya subjek sejumlah itu diambil seluruhnya. Namun apabila peneliti menggunakan teknik wawancara dan pengamatan, jumlah tersebut dapat dikurangi menurut teknik sampel dan sesuai dengan kemampuan peneliti.

Sugiyono (2013:126) Berdasarkan Isaac dan Michael, ukuran sampel dapat diperoleh melalui perhitungan matematis dengan taraf signifikansi 1%, 5%, dan 10%. Rumus tersebut adalah sebagi berikut:


Dengan demikian, ukuran sampel tidak dapat disamaratakan dalam setiap jenis penelitian. Ukuran sampel suatu penelitian bergantung pada jenis penelitian yang digunakan.

Teknik Pengambilan Sampel

Menurut Kerlinger (2006:188) mengambil sampel merupakan mengambil suatu bagian dari populasi atau semesta sebagai wakil populasi atau semesta itu. 

Menurut Sugiyono, Teknik sampling adalah merupakan teknik pengambilan sampel. Sedangkan Margono menyatakan bahwa yang dimaksud dengan teknik sampling adalah cara untuk menentukan sampel yang jumlahnya sesuai dengan ukuran sampel yang akan dijadikan sumber data sebenarnya, dengan memperhatikan sifat-sifat dan penyebaran populasi agar diperoleh sampel yang representatif. 

Dengan demikian, sampling atau teknik pengambilan sampel merupakan suatu teknik atau metodologi yang dipergunakan untuk memilih dan mengambil unsur-unsur atau anggota-anggota populasi untuk digunakan sebagai sampel yang representatif. Oleh karena itu, terdapat berbagai teknik pengambilan sampel yang digunakan.dalam menentukan sampel atau ukuran sampel dalam penelitian.  

Jenis-jenis Sampling

Sampling secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi dua (2) kelompok, yaitu Probability sampling dan Nonprobability sampling. Adapun Probability sampling menurut Sugiyono adalah teknik sampling yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Sedangkan Nonprobability sampling menurut Sugiyono adalah teknik yang tidak memberi peluang/kesempatan yang sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel.

1) Probability sampling

Probability sampling menuntut bahwasanya secara ideal peneliti telah mengetahui besarnya populasi induk, besarnya sampel yang diinginkan telah ditentukan, dan peneliti bersikap bahwa setiap unsur atau kelompok unsur harus memiliki peluang yang sama untuk dijadikan sampel. Adapun jenis-jenis Probability sampling adalah sebagai berikut :

a) Simple random sampling

Menurut Kerlinger (2006:188), simple random sampling adalah metode penarikan dari sebuah populasi atau semesta dengan cara tertentu sehingga setiap anggota populasi atau semesta tadi memiliki peluang yang sama untuk terpilih atau terambil. 

Menurut Sugiyono (2001:57) dinyatakan simple    (sederhana) karena pengambilan sampel anggota populasi  dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Margono (2004:126) menyatakan bahwa  simple random sampling adalah teknik untuk mendapatkan  sampel yang langsung dilakukan pada unit sampling. Cara demikian dilakukan bila anggota populasi dianggap homogen. Teknik ini dapat dipergunakan bilamana jumlah unit sampling di dalam suatu populasi tidak terlalu besar.  Misal, populasi terdiri dari 500 orang mahasiswa program  S1 (unit sampling). Untuk memperoleh sampel sebanyak  150 orang dari populasi  tersebut, digunakan teknik  ini,  baik dengan cara undian, ordinal, maupun tabel bilangan random. Teknik ini dapat digambarkan di bawah ini.

b) Proportionate stratified random sampling

Margono (2004: 126) menyatakan bahwa stratified random sampling biasa digunakan pada populasi yang mempunyai susunan bertingkat atau berlapis-lapis. Menurut  Sugiyono (2001: 58) teknik ini digunakan bila populasi mempunyai anggota/unsur yang tidak homogen dan berstrata secara proporsional. Misalnya suatu organisasi yang mempunyai pegawai dari berbagai latar belakang pendidikan, maka populasi pegawai itu berstrata. Populasi berjumlah 100 orang diketahui bahwa 25 orang berpendidikan SMA, 15 orang diploma, 30 orang S1, 15 orang S2 dan 15 orang S3. Jumlah sampel yang harus diambil meliputi strata pendidikan tersebut dan diambil secara proporsional. 

c) Disproportionate stratified random sampling

Sugiyono (2001: 59) menyatakan bahwa teknik ini digunakan untuk menentukan jumlah sampel bila populasinya berstrata tetapi kurang proporsional. Misalnya pegawai dari PT tertentu mempunyai mempunyai 3 orang lulusan S3, 4 orang lulusan S2, 90 orang lulusan S1, 800 orang lulusan SMU, 700 orang lulusan SMP, maka 3 orang lulusan S3 dan empat orang S2 itu diambil semuanya sebagai sampel. Karena dua kelompok itu terlalu kecil bila dibandingkan denan kelompok S1, SMU dan SMP. 

d) Area (cluster) sampling (sampling menurut daerah)

Teknik ini disebut juga cluster random sampling. Menurut Margono (2004: 127), teknik ini digunakan bilamana populasi tidak terdiri dari individu-individu, melainkan terdiri dari kelompok-kelompok individu atau cluster. Teknik sampling daerah digunakan untuk menentukan sampel bila objek yang akan diteliti atau sumber data sangat luas, misalnya penduduk dari suatu negara, propinsi atau kabupaten. 

Indonesia memiliki 34 propinsi dan akan menggunakan 10 propinsi. Pengambilan 10 propinsi itu dilakukan secara random. Tetapi perlu diingat, karena propinsi-propinsi di Indonesia itu berstrata maka pengambilan sampelnya perlu menggunakan stratified random sampling. Contoh tersebut dikemukakan oleh Sugiyono sedangkan contoh lainnya dikemukakan oleh Margono (2004: 127). Ia mencotohkan bila penelitian dilakukan terhadap populai pelajar SMU di suatu kota. Untuk random tidak dilakukan langsung pada semua pelajar-pelajar tetapi pada sekolah/kelas sebagai kelompok atau cluster.


Teknik sampling daerah ini sering digunakan melalui dua tahap, yaitu tahap pertama menentukan sampel daerah, dan tahap berikutnya menentukan orang-orang yang ada pada daerah itu secara sampling juga. Teknik ini dapat digambarkan di bawah ini.

Gambar 2. Teknik Cluster Random Sampling (Sugiyono, 2001: 59)

2) Nonprobability sampling

a)    Sampling sistematis
Sugiyono (2001:60) menyatakan bahwa sampling sistematis adalah teknik penentuan sampel berdasarkan urutan dari anggota populasi yang telah diberi nomor urut. Misalnya anggota populasi yang terdiri dari 100 orang. Dari semua anggota diberi nomor urut, yaitu nomor 1 sampai dengan nomor 100. Pengambilan sampel dapat dilakukan dengan nomor ganjil  saja, genap saja, atau kelipatan dari bilangan tertentu, misalnya kelipatan dari bilangan lima. Untuk itu, yang diambil sebagai sampel adalah 5, 10, 15, 20 dan seterusnya sampai 100.

b)    Quota sampling
Menurut Sugiyono (2001: 60) menyatakan bahwa  sampling kuota adalah teknik untuk menentukan sampel dari populasi yang mempunyai ciri-ciri tertentu sampai jumlah (kuota) yang diinginkan. Menurut Margono (2004: 127) dalam  teknik  ini  jumlah populasi tidak diperhitungkan akan tetapi diklasifikasikan dalam beberapa kelompok. Sampel diambil dengan memberikan jatah atau quorum tertentu terhadap kelompok. Pengumpulan data dilakukan langsung pada unit sampling. Setelah kuota terpenuhi, pengumpulan data dihentikan. Sebagai contoh, akan melakukan penelitian terhadap pegawai golongan II dan penelitian dilakukan secara kelompok. Setelah jumlah sampel ditentukan 100 dan jumlah anggota peneliti berjumlah 5 orang, maka setiap anggota peneliti dapat memilih sampel secara bebas sesuai dengan karakteristik yang ditentukan (golongan II) sebanyak 20 orang.

c)    Sampling aksidental
Sampling aksidental adalah teknik penentuan sampel  berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data (Sugiyono, 2001: 60). Menurut Margono (2004: 27) menyatakan bahwa dalam teknik ini pengambilan sampel tidak ditetapkan lebih dahulu. Peneliti langsung mengumpulkan data dari unit sampling yang ditemui. Misalnya penelitian tentang pendapat umum mengenai pemilu dengan mempergunakan setiap warga  negara yang telah dewasa sebagai unit sampling. Peneliti mengumpulkan data langsung dari setiap orang dewasa yang dijumpainya, sampai jumlah yang diharapkan terpenuhi. 

d)    Purposive sampling
Sugiyono (2001: 61) menyatakan bahwa sampling purposive adalah teknik penentuan sampel dengan  pertimbangan tertentu. Menurut Margono (2004:128),  pemilihan sekelompok subjek dalam purposive sampling  didasarkan atas ciri-ciri tertentu yang dipandang mempunyai sangkut paut yang erat dengan ciri-ciri populasi yang sudah  diketahui sebelumnya, dengan kata lain unit sampel yang  dihubungi disesuaikan dengan kriteria-kriteria tertentu yang  diterapkan berdasarkan tujuan penelitian. Misalnya, akan melakukan penelitian tentang disiplin pegawai maka sampel yang dipilih adalah orang yang memenuhi kriteria-kriteria kedisiplinan pegawai. 

e)    Sampling jenuh
Menurut Sugiyono (2001:61) sampling jenuh adalah  teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi  digunakan sebagai sampel. Hal ini sering dilakukan bila  jumlah populasi relatif kecil, kurang dari 30 orang. Istilah  lain sampel jenuh adalah sensus, dimana semua anggota populasi dijadikan sampel.
f)    Snowball sampling
(Sugiyono, 2001: 61), Snowball sampling adalah teknik penentuan sampel  yang mula-mula jumlahnya kecil, kemudian sampel ini disuruh memilih teman-temannya untuk dijadikan sampel begitu seterusnya, sehingga jumlah  sampel semakin banyak. Ibarat bola salju yang menggelinding semakin lama semakin besar. Pada penelitian kualitatif banyak menggunakan purposive dan snowball sampling.

Daftar Rujukan
  1. Kerlinger. (2006). Asas-asas Penelitian Behavioral. Gadjah Mada University Press : Yogyakarta
  2. Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta : Bandung
  3. Bayu. (2012). Pengertian Sampling dan Macam-Macam Sampling. Diunduh tanggal 5 Oktober 2014 dari http://www.bayusbc.web.id/2013/10/pengertian-sampling-dan-macam-macam.html
  4. Hayatun Nupus. (2013). Populasi dan Sampel. Diunduh tanggal 5 Oktober 2014 dari http://panjiedannupus.blogspot.com/2013/04/populasi-dan-sampel.html
  5. Idham Halib. (2013). Definisi Populasi dan Sampel Menurut Para Ahli. Diunduh tanggal 5 Oktober 2014 dari http://konawe-online.blogspot.com/2012/07/definisi-populasi-dan-sampel-menurut.html
  6. Rudi Susuilana. (-). Populasi dan Sampel. [Modul]. Diunduh tanggal 5 Oktober 2014 dari file.upi.edu/Direktori/DUAL-MODES/PENELITIAN.../BBM_6.pdf
  7. Pengertian Populasi dan Sampel. Diunduh tanggal 5 Oktober 2014 dari http://www.pengertianahli.com/2013/11/pengertian-populasi-dan-sampel.html
  8. Populasi dan Sampel. Diunduh tanggal 5 Oktober 2014 dari web.unair.ac.id/admin/file/f_20025_6a.ppt

No comments for "Definisi Sampel dan Teknik Pengambilan Sampel dalam Penelitian"