Langkah-langkah Penyusunan RPP

Langkah-langkah Penyusunan RPP

Menyusun RPP yang baik adalah penyusunan yang dijabarkan dari silabus yang sudah disepakati oleh sekolah. Pembuatan RPP bagi seorang pengajar bertujuan untuk mengupayakan dalam setiap kegiatan pembelajaran mencapai KD (Kompetensi Dasar) yang sudah ditentukan oleh pihak sekolah melalui kurikulum. Jadi pada intinya penyusunan RPP bukan semata untuk memenuhi administrasi yang harus dilakukan bagi setiap guru, melainkan agar kegiatan pembelajaran dapat dilaksanakan secara rapi dan sistematis.

Langkah-langkah yang harus dilakukan bagi setiap pengajar dalam menyusun RPP menurut Niron (2009) seperti berikut:

  1. Mengisi kolom identitas
  2. Menentukan alokasi waktu yang dibutuhkan untuk pertemuan yang telah ditetapkan
  3. Menentukan SK, KD, dan Indikator yang akan digunakan yang terdapat pada silabus yang telah disusun.
  4. Merumuskan tujuan pembelajaran berdasarkan SI, KD, dan Indikator yang telah ditentukan (lebih rinci dari KD dan Indikator. Pada Kurikulum 2013 rumusan indikator sama dengan tujuan pembelajaran, karena indikator sudah sangat rinci sehingga tidak dapat dijabarkan lagi).
  5. Mengidentifikasi materi ajar berdasarkan materi pokok/pembelajaran yang terdapat dalam silabus. Materi ajar merupakan uraian dari materi pokok/pembelajaran.
  6. Menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan
  7. Merumuskan langkah-langkah pembelajaran yang terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Langkah-langkah pembelajaran berupa rincian skenario pembelajaran yang mencerminkan penerapan strategi pembelajaran termasuk alokasi waktu setiap tahap.
Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *