Menjadi Guru Profesional Yang Efektif

Menjadi Guru Profesional Yang Efektif

Wawasan Edukasi – Perkembangan jaman selalu menuntuk banyak perubahan. Semua harus mengikuti perkembangan jaman jika ingin eksistensinya bisa selalu terlihat. Begitu juga dalam dunia pendidikan. Peran seorang guru menjadi sangat penting dan tidak bisa begitu saja digantikan oleh peran sebuah Media Pembelajaran. Banyak tuntutan yang ditujukan kepada guru, salah satunya adalah tuntutan Menjadi Guru yang Profesional yang memiliki banyak inovasi dalam mengajar.

Menjadi Guru Profesional Yang Efektif

Secara umum, peran seorang guru dalam proses pembelajaran adalah mendidik, mengajar, dan melatih. Mendidik siswa merupakan salah satu bagian dari kewajiban seorang guru yang pada akhir-akhir ini sudah mulai menghilang dari diri dan pandangan para guru dalam mendidik siswanya. Mendidik berarti berusaha menanamkan nilai-nilai moral yang luhur dalam diri setiap siswa sebagai tameng benteng diri dalam memilah apa saja yang boleh ditiru dan mana yang harus dibuang. Mendidik bisa dibilang tugas yang berat selain hanya mengajar. Dalam mengajar, guru tidak harus memperhatikan moral siswa, asal tugas memindahkan ilmu kepada siswa sampai siswa tersebut memahami mengenai konsep-konsep yang diajarkan, maka tugas mengajar guru sudah bisa dibilang selesai.

Selain mendidik dan mengajar, tugas seorang guru adalah melatih setiap siswa menggali potensi yang dimiliki untuk nantinya dapat digunakan siswa sebagai bekal dalam menjalani hidup selepas mereka lulus sekolah. Oleh karena itu, pada jaman dimana semua sudah berkembang dan maju ini, peran guru bukanlah sebagai ikon di muka kelas. Jika ada yang beranggapan bahwa media dapat menggantikan peran seorang guru, saya rasa itu sebuah kesalahan yang fatal. Guru masa kini dituntut memiliki segala macam keahlian baik mendidik mengajar maupun keterampilan harapannya dapat ditularkan kepada peserta didik.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *