Konsep Strategi Belajar Mengajar

Wawasan Edukasi – Dalam sebuah pertandingan sepak bola, setiap kubu memiliki formasi yang sudah lama diterapkan dan mungkin sudah sering diulang-diulang. Tujuannya hanya satu yaitu untuk meraih sebuah kemenangan.

Setiap formasi yang diterapkan pastilah ada strategi atau cara-cara yang dilakukan setiap pemain dalam membentuk formasi hingga pada akhirnya dapat mengalahkan lawan dengan formasi yang diterapkan.

Diatas hanya sebuah gambaran sederhana mengenai konsep strategi. Strategi memang sering kita dengar dan bahkan sering kita lakukan entah itu untuk memperoleh pekerjaan atau yang lainnya, yang jelas setiap individu pasti memiliki cara-cara yang pasti dilakukannya agar tujuannya dapat tercapai.

Begitu juga dalam dunia pendidikan, saat proses belajar mengajar berlangsung pada saat itulah proses transfer ilmu dari pengajar kepada siswa. Kegiatan mentransfer ilmu kepada siswa tidak semudah saat kita mentransfer uang dari rekening pribadi ke rekening orang lain. Dibutuhkan suatu pendekatan yang khusus karena yang dihadapi adalah sekelompok manusia yang memiliki karakter berbeda-beda dari setiap individunya. Mereka bukan robot yang akan selalu patuh saat kita berbicara A maka mereka akan ikut berbicara A.

Strategi belajar mengajar dapat kita artikan sebagai sebuah cara atau skema yang dilakukan oleh sekelompok orang yang berada dalam ruang tertentu yaitu guru dan siswa. Jika membaca tulisan pembuka diatas, maka kita dapat mengartikan bahwa strategi belajar mengajar adalah sebuah cara yang dapat dilakukan dan dengan rekayasa agar proses belajar-mengajar dapat berjalan dengan lancar dan tujuan dari belajar mengajar dapat tercapai. Oleh karena terkadang seorang guru dituntut untuk selalu mengedepankan pembuatan RPP sebagai batasan dan arahan dalam mengajar di kelas.

Oleh karena itu, sebagai seorang pengajar sangat diperlukan pemahaman mengenai konsep-konsep strategi belajar. Setidaknya guru memahami bagaimana mengatur siasat dalam proses pembelajaran dalam dunia pendidikan yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Karena terkadang banyak juga guru yang asal mengajar tanpa mengetahui tujuan dari pembelajarannya itu sendiri. Yang pada akhirnya siswalah yang menjadi korban, mereka dianggap seolah hanya seperti robot yang harus menuruti apa kata programer, tidak peduli apa yang mereka butuhkan.

Menurut Mansyur (1991), ada beberapa batasan umum dalam sebuah strategi belajar mengajar, yakni:

  • Mengidentifikasi serta menetapkan tingkah laku dan kepribadian anak didik sebagaimana yang diharapkan sesuai dengan tuntutan dan perubahan zaman.
  • Mempertimbangkan dan memilah sistem belajar mengajar yang tepat untuk mencapai sasaran yang akurat.
  • Memilih dan menetapkan prosedur, metode dan teknik belajar mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pegangan guru dalam menunaikan kegiatan mengajar.
  • Menetapkan norma-norma dan batas minimal keberhasilan atau kriteria serta standar keberhasilan sehingga dapat dijadian pedoman oleh guru dalam melakukan evaluasi hasil kegiatan belajar mengajar yang selanjutnya akan dijadikan umpan balik untuk penyempurnaan sistem instruksional yang bersangkutan secara keseluruhan.
Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *