Hakikat Proses Belajar Mengajar

Wawasan Edukasi – Seorang pengajar pasti tidak akan pernah lepas dari sebuah istilah belajar, pembelajaran, pendidikan, mendidik serta bagaimana strategi yang dapat digunakan untuk melakukan pembelajaran terhadap sebuah komunitas siswa dengan tepat sasaran.

Setiap orang memerlukan sebuah wadah pendidikan agar dapat selangkah menuju harapan yang diimpikan. Sebuah pendidikan yang memiliki konsep untuk membentuk seorang manusia dengan sebuah kepribadian yang unggul. Membentuk karakter seseorang tidak seperti membuat sebuah robot. Diperlukan pendekatan-pendekatan khusus kepada orang tersebut agar dapat memahami bagaimana jalan pemikiran orang tersebut. Oleh karenanya dibutuhkan sebuah strategi dalam mengajar yang disesuaikan dengan kondisi sejumlah siswa dalam sebuah ruangan tersebut.

Seseorang dengan kepribadian yang baik tentulah melalui suatu proses pembelajaran. Dalam memahami arti sebuah belajar, dapat kita bedakan menjadi dua jenis belajar. Pertama adalah sebuah belajar konsep dan yang kedua adalah belajar proses.  Belajar konsep merupakan sebuah pembelajaran yang menekankan pada hasil yang diperoleh. Misalnya orang yang sedang membaca rangkuman atau sebuah buku ajar, maka keberhasilan siswa tersebut dari proses belajar yang sedang dilakukan adalah hasil dari nilai ulangan atau test yang diperoleh siswa. Semakin bagus yang diperoleh menandakan bahwa proses belajar yang telah dilakukan dapat dikatakan berhasil. Oleh karenanya terkadang diperlukannya sebuah evaluasi baik bagi seorang guru maupun bagi siswa untuk mengetahui tingkat keberhasilan dari proses belajar mengajar yang telah dilakukan.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *